Melaksanakan evaluasi secara berkala atas efektivitas dan efisiensi seluruh kegiatan tri dharma di fakultas antara lain: Evaluasi Dosen/Fasilitator oleh Mahasiswa, Evaluasi Pementihan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), Evaluasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Monitoring dan Evaluasi Internal (Monevin) mutu unit kerja, survei pelayanan/kepuasan pemangku kepentingan, dan evaluasi lainnya terkait mutu akademik
Memberi masukan dalam proses penyusunan RKT departemen yang sejalan dengan RKT fakultas melalui cascading kontrak kinerja
Berkoordinasi dengan Dekan Fakultas Teknik serta pihak ekternal mengenai kegiatan Unit Penjaminan Mutu Akademik
Berkoordinasi dengan pihak-pihak di dalam dan di luar Fakultas Teknik mengenai kerjasama terkait mutu
Merencanakan kerjasama Quality Assurance (QA) dengan pihak luar Fakultas Teknik
Memastikan bahwa Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu yang ditetapkan selaras dengan Visi-Misi dan Rencana Strategis Fakultas Teknik Universitas Indonesia
Merekomendasikan hasil evaluasi internal kepada Dekan
Mengkoordinir, memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan asesmen ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN-QA) di Fakultas Teknik Universitas Indonesia
Mengkoordinir, memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan audit internal
Mengkoordinir pelatihan di bidang penjaminan mutu
Mengembangkan dan merumuskan draf kebijakan, pedoman dan prosedur manajemen mutu serta manajemen keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan di fakultas
Sebagai koordinator dalam penerapan dan penjaminan sistem manajemen mutu, keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan di fakultas
Bertanggung jawab dalam efektivitas penerapan sistem manajemen mutu, keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan di fakultas
Mensosialisasikan penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu dan konsep “Risk-Based Thinking” (pemikiran berbasis risiko) pada setiap operasional pelayanan di fakultas
Memastikan bahwa penerapan sistem manajemen mutu, keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan mencapai hasil yang diharapkan oleh pimpinan dan sivitas akademika
Mengelola proses Plan-Do-Check-Act (PDCA), peningkatan berkesinambungan (coutinual improvement) dan inovasi-inovasi mutu pelayanan yang dapat meningkatkan kepuasan sivitas akademika
Mengelola kondisi darurat keselamatan, kesehatan kerja dan insiden lingkungan yang mungkin terjadi di fakultas
Membantu melakukan monitoring dan evaluasi implementasi RKT fakultas melalui pengawasan capaian kontrak kinerja
Melakukan koordinasi dengan unit terkait untuk kegiatan keselamatan kerja bagi sumber daya manusia di lingkungan fakultas
Membantu melakukan monitoring efektifitas pelaksanaan kebijakan Universitas dan Fakultas (policy) yang telah dibakukan melalui keputusan Dekan
Memberi masukan kepada Dekan terhadap penyusunan Rencana Capaian Kinerja Fakultas setahun sekali
Mengkoordinir dan memastikan kelengkapan pengurusan akreditasi program studi dilingkungan fakultas
Menyampaikan laporan pertanggungjawaban secara berkala kepada Dekan